Rabu, 05 April 2017

Quiz 5. Kewajiban Perusahaan Terhadap Karyawannya dan Kewajiban Karyawan Terhadap Perusahaannya Serta Implementasi Di Perusahaan



Setiap meresmikan pegawai baru selalu dimulai dari adanya perjanjian kontrak yang dimana mengartikan bahwa keduanya saling berjanji untuk saling menguntungkan kesejahteraan antara pegawainya maupun perusahaannya dan bila keduanya sepakat mempersujui kontrak tersebut maka karyawan harus menerima kewenangan formal organisasi, memikul tanggung jawab, menerima penempatan kerja dalam perusahaan, mengaplikasi pengetahuan, keterampilan, kemampuan, tenaga dan waktu agar perusahaan dapat mencapai tujuan, memberi loyalitas, komitmen pada organisasi dan berperilaku profesional. Akan tetapi semua harus ada timbal baliknya kepada karyawan tersebut maka perusahaan harus memberikan hak-hak karyawannya dengan memberikan keadilan imbalan seperti gaji dan tunjangan, pengakuan harkat dan martabat sebagai manusia, promosi, motivasi pemberian tugas, Kesempatan partisipasi pengambilan keputusan tugas pekerjaannya, keamanan, kesehataan lingkungan kerja, peningkatan mutu hidup karyawan, penyediaan pendidikan dan pelatihan. Hak-hak yang diberikan karyawan adalah imbalan agar karyawan lebih termotivasi untuk lebih produktif.
Sebelumnya saya pernah bekerja di salah satu perusahaan agen property, saya bekerja sebagai staff administrasi, menurut saya sistem di perusahaan saya itu tidak mempunyai manajemen yang baik, awalnya saya diberitahukan bahwa saya keterima diperusahaan tersebut dan langsung bertemu dengan pemilik perusahaannya dan langsung membuat perjanjian antara keduanya, namun saya diberitahukan bahwa tidak ada tunjangan apapun kecuali gaji, dan dalam memulai pekerjaan tidak adanya pelatihan kerja dan langsung diberikan banyak pekerjaan, saya bekerja sendiri memutar otak untuk mengerjakan pekerjaan dimana pada saat itu saya baru pertama kali bekerja dikantoran. Sebulan sudah saya bekerja dan menantikan hak saya pada tanggal yang sudah ditentukan pada awal perjanjian, yang pada akhirnya diberikan pada tanggal yang sudah terlewat jauh dari tanggal perjanjian. Disini terlihat bahwa perusahaan tidak memberikan haknya kepada karyawan dengan baik padahal karyawan sudah memberikan kewajibannya kepada perusahaan maka perlu adanya perubahan etika dari pihak CEO untuk mengelola perusahaan dari sisi karyawan lebih baik lagi agar karyawan bisa lebih berproduktif dalam bekerja.
 
Referensi:


Ali Hapzi. Modul perkuliahan Business Ethics&GG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quiz 10, Minggu ke-13. Contoh kasus korupsi dan penipuan serta bagaimana cara perusahaan mengatasinya?

Inilah adalah contoh kasus korupsi dan penipuan yang dilakukan Melinda dee. Melinda adalah seorang karyawan di citibank dengan jabatan ...