Jumat, 24 Maret 2017

Forum 3. Konsep Yang Baik Untuk Menerapkan Good Corporate Governance Di Indonesia Dengan Melihat Bebrapa Faktor Masalah.



Kesulitan penerapkan GCG di indonesia akan membuat Kondisi tata kelola perusahaan menjadi buruk, ini akan menyebabkan tidak terjadinya peningkatan nilai dan kinerja korporasi yang maksimal. Harus siap bersaing diberbagi faktor masalah, akan tetapi jika kita sudah menerapkan prinsip GCG dengan baik itu tidak usah dijadikan kehawatiran, maka perlu menjadikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance sebagai landasan operasionalnya, yang pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas perusahaan guna mewujudkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholders lainnya, dan berlandaskan peraturan perundang-undangan dan nilai-nilai etika.
Di dalam penerapan GCG juga perlu adanya etika bisnis, yang didalamnya mengandung prinsip otonomi, prinsip kejujuran, prinsip tidak berbuat jahat, prinsip keadilan dan hormat kepada diri sendiri, jelas merupakan suatu konsep yang sifatnya universal bagi manusia yang beradab, dan sudah seharusnya konsep tersebut dijadikan pemandu didalam pergaulan bisnis sehari-hari atau dijadikan budaya yang baik. Penetapan kebijakan dasar (strategic policy) dan kode etik yang harus dipatuhi oleh semua pihak dalam perusahaan. Bagi Indonesia, kepatuhan terhadap kode etik yang diwujudkan merupakan faktor penting sebagai landasan penerapan GCG. Pemerintah pun telah membuat kebijakan dengan membentuk lembaga khusus yang membidangi penerapan GCG yaitu Komite Nasional Kebijakan Corporate Governance (KNKCG), namun praktik pemerintahan dinilai baik jika mampu mewujudkan transparasi, penegakan hukum dan akuntabilitas public.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quiz 10, Minggu ke-13. Contoh kasus korupsi dan penipuan serta bagaimana cara perusahaan mengatasinya?

Inilah adalah contoh kasus korupsi dan penipuan yang dilakukan Melinda dee. Melinda adalah seorang karyawan di citibank dengan jabatan ...