Kamis, 16 Maret 2017

Quis 2. Resume dan Rekomendasi dari tema "Philosophical Etics and Business"



Setelah Saudara mempelajari Modul 3 dengan tema “Philosophical Ethics and Business” atau dari sumber lain yang berkenaan dengan tema ini, apa yang dapat saudara resumekan dan rekomendasikan...

Philosophical Ethics and Busines adalah bagaimana kita menginvestigasi penilaian tingkah laku yang baik dan buruk dalam sebuah lingkungan bisnis. Perlunya adanya penerapan teori etika untuk membuat keputusan yang etis dalam sebuah lingkungan bisnis yaitu utilitarianism, deontologi, keadilan dan kejujuran, dan virtue ethics. Tiga faktor yang dapat menjelaskan mengapa seseorang harus berlaku etis, yaitu agama, hubungan dengan orang lain, dan persepsi tentang diri sendiri pada faktor ini menyebutkan bahwa seseorang berperilaku etis karena self-interest yaitu tidak didefinisikan hanya ketertarikan yang fokus pada individu tetapi juga tentang semua hal yang berhubungan dengan individu tersebut, yaitu keluarga, teman dan masyarakat di mana ia hidup. Self-interest mempunyai hubungan dekat dengan perilaku ekonomi. Dibandingakan dengan Selfishness yang hanya fokus pada diri sendiri dan mengutamakan kepentingan individu di atas kepentingan orang lain.

Menurut Smith, bisnis adalah aktivitas sosial dan masyarakat memiliki perilaku sesuai dengan prinsip etika dan pasar adalah suatu bentuk kompetisi. Perdagangan bergantung pada honoring contract dan kerjasama satu sama lain. Oleh karena itu, setiap orang harus bertindak sesuai dengan pedoman etika dalam berbisnis. Bisnis adalah self-interest. Self-interest mempunyai konsekuensi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial setiap orang, Bisnis bukan suatu bentuk ketamakan. 

Dalam melakukan bisnis perlu adanya integritas yaitu sikap yang teguh mempertahankan prinsip, tidak mau korupsi, dan menjadi dasar yang melekat pada diri sendiri sebagai nilai-nilai moral. Dalam kamus Indonesia terkait mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkankesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan kejujuran. Tercapainya bisnis yang baik dengan etika yang baik entah di karyawan, pemimpin dan di dalam produksi yang keluarkannya harusnya yang berkualitas dengan cara melakuakan pengambilan keputusan memilih mana yang baik dan tidak bagi semuanya bukan hanya mementingkan kepentingan pribadi. Horold dan Cyril O’Donnell mereka mengatakan bahwa pengambilan keputusan adalah  pemilihan diantara alternatif  mengenai suatu cara bertindak yaitu inti dari perencanaan, suatu rencana tidak dapat dikatakan tidak ada jika tidak ada keputusan, suatu sumber yang dapat dipercaya, petuntuk atau reputasi yang telah dibuat.

Referensi:
Nursetiawan Afief. Implementasi Etika Bisnis Di Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik.
Lasmiatun. 2012. Implementasi Etika Bisnis Di indonesia Ada Apa Di Corporat Governance. Dharma Ekonomi.
The McGraw - Hill Companies, 2008. Philosophical Ethics and Business.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quiz 10, Minggu ke-13. Contoh kasus korupsi dan penipuan serta bagaimana cara perusahaan mengatasinya?

Inilah adalah contoh kasus korupsi dan penipuan yang dilakukan Melinda dee. Melinda adalah seorang karyawan di citibank dengan jabatan ...