Jumat, 31 Maret 2017

Quis 4. Apa itu Corporate Social Responsibility? Hubungan Ethics and social responsibility serta normatifnya Implementasi CSR di Indonesia.

         Banyak yang dapat dipahami tentang CSR hal dasarnya seperti adanya CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan kepedulian yang selayaknya dilakukan oleh perusahaan untuk masyarakat, agar mereka mendapat benefit dari keberadaan perusahaan diwilayahnya, dan bukan merugi akibat kehilangan lahan serta sebagian ritual kehidupannya. Di Indonesia CSR diatur dalam Pasal 74 UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Pasal 15, Pasal 17, dan Pasal 34 UU No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman. Peran CSR semakin penting dalam mendorong semakin luasnya tanggung jawab sosial korporat bagi terciptanya keseimbangan pembangunan baik ekonomi, sosial maupun lingkungan.

Bentuk program CSR memiliki dua orientasi, yaitu:
- Internal yaitu CSR yang berbentuk tindakan atas program yang diber ikan terhadap
komunitas.
- Eksternal yaitu yang mengarah pada tipe ideal yang berupa nilai dalam korporat yang
dipakai untuk menerapkan atau mewujudkan tindakan-tindakan yang sesuai dengan
keadaan sosial terhadap komunitas sekitarnya.

Ada 6 hal yang dapat dipilih perusahaan untuk menyelenggarakan program CSR:
1) Promosi kegiatan sosial (cause promotions)
2) Pemasaran terkait kegiatan sosial (cause related marketing)
3) Pemasaran kemasyarakatan korporat (corporate societal marketing)
4) Kegiatan filantropi perusahaan (corporate philanthropy)
5) Pekerja sosial kemasyarakatan secara sukarela (community volunteering)
6) Praktik bisnis yang memiliki tanggung jawab sosial (socially responsible business
practice).

         Adanya Hubungan CSR dengan Ethics and social responsibility dikarenakan dalam suatu perusahaan dibutuhkannya tanggung jawab sosial dalam pencapain peningkatan perusahaan didalam program CSR tersebut tidak boleh sembarangan dalam pembuatan dan pengembangannya perlu dibutuhkan etika dalam berbisnis dengan cara penerapan prinsipprinsip etika dan mempunyai tanggung jawab sosial karena Pelanggan akan membeli produk sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi terbaik dalam tanggung jawab sosial bilamana kualitas, pelayanan, dan harga sama di antara para pesaing, Jadi Etika sangatlah penting dalam program CSR.


         Normatifnya Implementasi CSR di indonesia dengan menjalankan tanggungjawab sosialnya perusahaan harus memfokuskan perhatiannya kepada tiga hal yaitu (profit), masyarakat (people), dan lingkungan (planet). Perusahaan harus memiliki tingkat profitabilitas yang memadai sebab laba merupakan fondasi bagi perusahaan untuk dapat berkembang dan mempertahankan eksistensinya. Perhatian terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan cara perusahaan melakukan aktivitas-aktivitas serta pembuatan kebijakan - kebijakan yang dapat meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup dan kompetensi masyarakat diberbagai bidang. Dengan memperhatikan lingkungan, perusahaan dapat ikut berpartisipasi dalam usaha pelestarian lingkungan demi terpeliharanya kualitas hidup umat manusia dalam jangka panjang.

         Perusahaan perlu terus mencermati pentingnya membuat program CSR yang tepat bagi masyarakat sekitar. Ketepatan program CSR sangat penting, karena relevansi bantuan akan menentukan keberhasilan CSR yang akhirnya akan berujung pada kesejahteraan masyarakat. Perlu terus melakukan evaluasi terhadap program CSR, agar upaya pemberdayakan masyarakat terus meningkat kualitasnya. Dalam rangka evaluasi, diperlukan pemahaman masyarakat, di mana perusahaan perlu mengenali secara baik dan cermat tentang kondisi masyarakat di sekitarnya. Dengan demikian, diharapkan perusahaan dapat memutuskan program CSR yang tepat untuk pemberdayaan dan Masyarakat sebagai subjek pemberdayaan perlu terus didorong untuk perduli terhadap perusahaan, dengan cara bersikap responsif dan partisipatif terhadap berbagai bantuan dan kesempatan yang diberikan melalui program CSR.

Referensi :
Ditya Sari Yustisia. Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Sikap
Komunitas Pada Program Perusahaan.

Retnaningsih Hartini, 2015. Permasalahan Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam
Rangka Pemberdayaan Masyarakat

Tim Universitas Katolik Parahyangan. Corporate Social Responsibility: Konsep, Regulasi
Dan Implementasi

http://www.pa-csr.cn/china/file/2010/workshop/UNPAR%20Presentation.pdf

http://www.rahmatullah.net/2012/09/etika-bisnis-dan-csr.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quiz 10, Minggu ke-13. Contoh kasus korupsi dan penipuan serta bagaimana cara perusahaan mengatasinya?

Inilah adalah contoh kasus korupsi dan penipuan yang dilakukan Melinda dee. Melinda adalah seorang karyawan di citibank dengan jabatan ...