Minggu, 21 Mei 2017

Quiz 8 Minggu ke-11. Fungsi para Executive dan Director pada suatu perusahaan multi nasional dan perbedaan dengan perusahaan yang berskala kecil atau regional.


Para eksekutif tingkat tertinggi pada perusahaan multinasional biasanya disebut “C-level” atau bagian dari “C-suite”, mengacu pada 3 huruf inisial dimulai dengan “C” dan berakhir dengan “O”. Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).

Berikut adalah nama jabatan eksekutif manajemen puncak:

-       CEO (Chief Executive Office) adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan tersebut.

-       CFO (Chief Financial Officer) adalah petugas perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola risiko keuangan perusahaan. Petugas ini juga bertanggung jawab untuk perencanaan keuangan dan pencatatan, serta pelaporan keuangan untuk manajemen yang lebih tinggi.

-        COO (Chief Operating Officer) adalah petugas perusahaan yang bertanggung jawab untuk operasi harian perusahaan dan secara rutin melapor pada CEO dan President Director atau Vice President. Fungsi operasional ini bisa bermakna luas sehingga CEO dan President pun bisa disebut bagian dari COO.

-       CTO (Chief Technology Officer) adalah tingkat eksekutif di sebuah perusahaan yang difokuskan pada isu-isu ilmiah dan teknologi dalam sebuah organisasi. Biasanya berfungsi mengawasi kegiatan Penelitian dan Pengembangan (R & D), dan merumuskan visi jangka panjang dan strategi pada tingkat pejabat. Mereka menggabungkan teknis dan ilmiah yang kuat untuk keterampilan pengembangan bisnis.

-     CMO (Chief Marketing Officer) adalah petugas eksekutif perusahaan yang bertanggung jawab untuk kegiatan pemasaran dalam sebuah organisasi. Petugas ini juga harus sering memberikan laporannya pada CEO.

Perbedaan tingkatan manajer dalam perusahaan:
-       Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).

-      Manajemen tingkat menengah (middle management) mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.

-   Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quiz 10, Minggu ke-13. Contoh kasus korupsi dan penipuan serta bagaimana cara perusahaan mengatasinya?

Inilah adalah contoh kasus korupsi dan penipuan yang dilakukan Melinda dee. Melinda adalah seorang karyawan di citibank dengan jabatan ...