Minggu, 07 Mei 2017

Quiz 6, Minggu ke-9. Bagaimanakah Sistem Audit dan Internal Control pada perusahaan saudara serta bagaimana pula Sisem Pengendalian Internal (SPI) nya.



Internal Audit PT.Gudang Garam Tbk

Tanggung jawab dan kewajiban Audit Internal diatur dalam sebuah charter sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia/OJK berdasarkan Peraturan No.IX 1.7 dan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Nomor: KEP-496/BL/2008 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam unit Audit Internal.

Tujuan:
Internal Audit berfungsi sebagai suatu aktivitas penilaian yang independen dalam Perseroan untuk membantu direksi dan Manajemen dalam melakukan observasi, evaluasi, penilaian serta memberikan rekomendasi dan pendapat/saran terhadap manajemen risiko, pengendalian internal, dan proses tata kelola perusahaan berdasarkan kajian yang independen dan objektif melalui pendekatan yang sistematis.

Ruang lingkup:
Menguji keandalan dan integritas informasi dan mengevaluasi ketaatan Perseroan terhadap hukum, peraturan perundang - undangan, dan kebijakan serta prosedur Perseroan yang berlaku. Mengidentifikasi setiap potensi efisiensi dan efektifitas biaya yang masih ada, mengamankan aset Perseroan dan menyakinkan pencapaian tujuan dan sasaran operasi atau program yang telah ditetapkan.

Wewenang:
Internal Audit melaksanakan tugasnya berdasarkan Rencana Tahunan Audit dan atau Penugasan Audit lainnya yang di setujui oleh Presiden direktur.

tanggung jawab:
Menyusun dan melaksanakan rencana Audit Internal tahunan secara independen dan objektif dengan tetap mengacu pada kebijakan Perseroan yang berlaku. Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Presiden direktur dan Komite Audit, serta menjaga kerahasiaan seluruh informasi, data, laporan, kertas kerja, proses rencana dan metode yang diperoleh sehubungan dengan pelaksanaan audit.


Sistem Pengendalian Internal (SPI)

-          Sistem Informasi Manajemen

Piranti Lunak Perencanaan Strategis ( Software ) PT. Gudang garam Tbk. dalam perkembangan operasional hariannya mengalami banyak kerumitan. Salah satu departemen yang mengalaminya adalah departemen logistik yang pekerjaan hariannya menyatukan data-data persediaan bahan baku, distribusi bahan baku, data produksi. data-data tersebut terkumpul pada akhir jam kerja, sehingga menyulitkan. Ini dilakukan dengan manual$ sehingga bisa dibayangkan sulitnya jika data-data tersebut terdiri dari ribuan data dan memerlukan proses yang lama. Masalah tersebut mendorong PT. Gudang garam Tbk. untuk membangun Teknologi Informasi. PT. Gudang garam  Tbk. berharap sistem teknologi informasi ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan tak hanya dalam jangka pendek, namun juga jangka panjang. PT. Gudang garam Tbk. memilih menggunakan  ERP (enterprise resource planning) dari oracle, SDLC (system development life cycle), phasing strategy. dengan adanya  Teknologi Informasi yang dibangun oleh PT. Gudang garam Tbk. ini perusahaan bisa menyelesaikan masalah yang ada serta mampu mengetahui apabila ada masalah yang muncul disetiap sektor atau bagian yang ada diperusahaan ini dengan cepat dan bisa menemukan jawaban dalam permasalahan tersebut serta mampu untuk segera memperbaikinya.
1. Penerapan ERP PT. Gudang Garam Tbk
penggunaan ERP dari Oracle itu mencakup hampir semua proses bisnis penting, mulai dari akuntansi dan keuangan, manufaktur, hingga pengadaan barang dan manajemen barang jadi. unit-unit bisnis dalam naungan PT. Gudang garam Tbk. juga menggunakan aplikasi yang dikembangkan sendiri untuk melengkapi solusi ERP. Strategi PT. Gudang Garam Tbk. lebih pada mengonsolidasikan sistem aplikasi yang ada  dan memberi respons pada permintaan bisnis yang baru. Misalnya, melakukan stardardisasi proses bisnis dengan mengimplementasi solusi ERP yang sama yang digunakan oleh PT. Gudang Garam Tbk. kepada semua unit bisnis.

-          Audit Sistem informasi manajemen
 berdasarkan tinjauan dan penerapan tahap audit terhada! pengendalian internal sistem informasi aplikasi persediaan pada PT Gudang Garam Tbk adalah bahwa :
1. internal control yang diterapkan di perusahaan sudah baik
2. management control, application control dan application software di perusahaan masih ditemukan beberapa kekurangan dan kelemahan yang terlu diperbaiki
3. dokumen yang mendukung proses persediaan cukup


Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quiz 10, Minggu ke-13. Contoh kasus korupsi dan penipuan serta bagaimana cara perusahaan mengatasinya?

Inilah adalah contoh kasus korupsi dan penipuan yang dilakukan Melinda dee. Melinda adalah seorang karyawan di citibank dengan jabatan ...